Tuesday, April 5, 2016

Bebelac #Bebehero: Grow Them Great!

Hello, beauties! Gimana weekend-nya?
Kalau aku cukup diem di rumah dulu, karena hampir seminggu kemarin agak ribet ngurus kerjaan. Nah, kali ini aku ingin cerita mengenai acara minggu lalu. Jadi, pada 26 Maret 2016, aku dapat undangan dari Bebelac Bebehero yang diadakan di Kota Kasablanka. Mungkin kalian yang baca kaget, kok mau dateng ke acara keluarga? Iya, aku memang belum punya anak pun menikah juga belum. Tapi, menambah ilmu sedini mungkin dalam hal parenting dan tumbuh kembang anak kan nggak salah? Toh, walau aku masih melajang, aku punya banyak teman yang sudah menikah dan punya 2-3 anak, bahkan ibu-ibu pun ada.

bebelac-bebehero


Hari itu, atrium mall Kota Kasablanka telah disulap menjadi wahana bermain anak-anak yang terdiri dari 14 stands yang siap untuk mengasah kecerdasan dan ketangkasan anak. Dalam kesempatan ini, ternyata aku banyak banget dapat bekal ilmu bagaimana nantinya kelak aku punya anak, bagaimana mengurusnya, mendidiknya, dll. Bebelac hadir dengan kampanye #Bebehero Grow Them Great sebagai wujud dukungan bagi ibu untuk dapat membesarkan anak hebat. Anak hebat di sini bukan hanya dari segi ketahanan fisik semata. Tapi lebih kepada pengembangan empati dan kecerdasan emosional (EQ). Karena percuma kalau anak pinter akademis tapi empatinya nggak ada. Sering kan sekarang nonton berita, ‘anak membunuh ayahnya karena nggak dikasih beli motor’, atau ‘anak ABG menyiram air keras kepada mantan kekasih karena tidak terima diputusin’! Peran orang tua sangat penting dalam hal pendidikan dasar anak. Anak tidak hanya cukup dikasih gadget atau gelimang harta.

Bebehero-bebelac

Aku sendiri belajar banyak dari Mama yang single parent. I’m super proud with my mom. Gimana pentingnya komunikasi dua arah antar anak dan orang tua. Ada 5 hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses pendidikan tumbuh kembang anak, yaitu: KOMUNIKASI—SEPAKATI—KENALI MODALITAS-MASUKAN.

APA ITU MODALITAS?
Modalitas belajar adalah kemampuan dasar anak dalam menyerap, mengatur, dan menelaah informasi. Ada 3 jenis modalitas belajar: dalam bentuk visual, audio, dan kinestetik.

Penting menanamkan ke anak bahwa apa yang akan diperbuat tidak melulu mendapatkan imbalan. Sering kita menemui ibu yang mengajarkan, kalau kakak bisa masuk ranking 3 besar nanti dapat PS4. Mengiming-imingi hadiah bukan hal salah, tapi ketika itu menjadi sebuah kebiasaan, maka anak akan merasa setiap apa yang dia perbuat akan mendapatkan hadiah. Perlu diajarkan sedini mungkin manfaat dari apa yang akan dilakukan anak.

Case: kakak belajar yang rajin. Kalau kakak masuk ranking 3 besar, nanti dibelikan PS4

New way: kakak belajar yang rajin ya. Karena ilmu yang kakak dapat nanti untuk bekal ke depannya. Kalau kakak rajin kan bisa masuk ranking 3 besar.

Menurut Andi Airin, selaku senior Brand Manager Bebelac,untuk mendukung agar anak dapat tumbuh kembang optimal, dibutuhkan nutrisi yang tepat antara lain yang mengandung minyak ikan dan asam Linoleat serta vitamin dan mineral yang bisa didapat dari sayur, lauk pauk, serta susu. Pemberian nutrisi yang optimal mendukung perkembangan anak yang dimulai sejak dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Dengan tumbuh kembang anak yang optimal akan memudahkan mereka dalam proses belajar dan beradaptasi terhdap lingkungan sehingga dapat cepat tanggap, memiliki rasa peduli, kasih sayang, dan pertumbuhan fisik optimal. Anak yang cepat tanggap akan lebih mudah dalam proses belajar sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan rasa kepedulian kepada orang lain.

Dan ada 3 metode penyampaian yang dishare Bebelac untuk menanamkan nilai-nilai baik agar anak memiliki aksi hebat, diantaranya:

Story Telling
Membaca buku cerita dengan tokoh yang senang menolong orang lain dan mengaitkannya dalam kegiatan sehari-hari

Role Play/Bermain Peran
Bermain peran berganti-gantian sebagai orang yang butuh pertolongan dan orang yang akan menolong.

Modeling
Berperilaku sesuai apa yang diajarkan pada anak agar anak dapat meniru perilaku tersebut.

Setelah ketiga cara di atas dicoba, nggak cukup sampai disitu aja. Ada lagi tips gimana aksi hebat pada anak makin terpupuk dan dapat dilakukan oleh orang tua yaitu dengan memberikan pujian pada anak yang berusaha membantu orang lain, ajak anak berdiskusi sehingga ia merasa didengar/dianggap, buat tradisi keluarga dalam bidang aksi social, dan terakhir… meminta maaf. Sedikit cerita, mamaku salah satu orang yang sangat pelit minta maaf. Walau beliau salah. Walau pada akhirnya beliau meminta maaf, tapi cukup memakan waktu. But, I learn something from that. Meminta maaf itu tidak memandang tua muda, miskin, kaya, atau anak-anak, dan orang dewasa. Ketika kita berbuat salah, hendaklah meminta maaf saat itu juga. Karena dengan meminta maaf ketika kita berbuat salah pada anak, kita mengajarkan kemampuan untuk mengerti perasaan orang lain.

Dan menurut psikolog yang dihadirkan hari itu, Roslina Verauli, M. Psi, menjelaskan, “Empati merupakan gerbang dari aksi peduli kepada orang lain termasuk nilai kebaikan yang dimiliki oleh anak. Oleh karena itu, dasar pendidikan moral dengan berempati harus dimulai sejak dini karena tumbuh dan berkembangnya empati pada anak sejak dini akan berpengaruh pada perkembangan watak atau kepribadian dan perilaku anak saat dewasa nanti.”

Bebelac-Indonesia, Grow-them-great


Serunya lagi, buat orang tua yang ingin berkonsultasi mengenai tumbuh kembang anak bersama Bebelac atau sekedar bermain, Bebelac memberikan konsultasi gratis dengan 2 psikolog berlisensi. Keren ya! Apalagi dengan kehadiran Bambang Pamungkas yang hari itu sedikit berbagi cerita mengenai buah hatinya. Bapak dari 3 orang puteri ini mengaku memang kurang banyak menghabiskan waktu bersama puteri-puterinya diakibatkan jadwal kerja yang cukup padat. Tapi ketika Bepe—nama beken Bambang Pamungkas, memiliki waktu dengan keluarganya, ia akan memaksimalkan untuk memupuk aksi hebat anak dalam kehidupan sehari-sehari. Bambang Pamungkas selalu memberikan contoh-contoh kecil dari hal kecil yang memperlihatkan nilai-nilai kebaikan. Contohnya aja, membantu orang lain yang mobilnya mogok dijalan.

bebehero2016


Seru ya ternyata dunia parenting. Penuh tantangan! Yang lebih menyenangkan lagi, buat ibu-ibu yang sudah memiliki buah hati dan cerita menarik. Bebelac mengadakan kompetisi Grow Them Great #Bebehero 2016? Caranya? Cuma upload foto keseruan sama si kecil dan ceritakan aksi hebat buah hati yang cepat tanggap dan punya rasa peduli DI SINI. Banyak hadiah menarik! Mungkin aja anak ibu adalah calon bintang iklan #Bebehero 2016!


Tunggu apalagi? Upload cerita menarik kamu ^ ^
Terus ikuti blog aku ya. Karena bakal banyak hal yang aku bagikan di sini. Kalau nggak mau ketinggalan, boleh lho untuk follow salah satu akun media sosialku dengan link dibawah ini. ^ 3 ^

Mind to follow me? Let me know and I would follow you back ^O^
Instagram | Twitter | Google+ | Bloglovin | Facebook


8 comments:

  1. Aku panggil El aja yah biar ikribbb hihiii. El pasti banyak ilmunya nih, ntar tinggal praktek deh yah.. Aku ngga menyapa di kokas kmaren, ngga ngeh, dan bawa bocah juga :D moga ntar ktmu di event lagi yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiiiii mbak Suciiiii... eh aku panggil begitu nggak apa kan ya? ^ ^ iya El aja nggak apa mbak. Yaa sayang banget kita nggak bisa ketemu. Semoga bisa dipertemukan di event berikutnya ya, mbak ^ 3 ^

      Makasih udah sering mampir

      Delete
  2. Seru yaa. Anak hepi sementara bundanya bisa meliput..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bunda Ayu... acaranya juga seru. Anak-anak bisa main bebas tapi tetap dalam pengawasan tim Bebelac ^ ^
      makasih udah mampir

      Delete
  3. Replies
    1. Iyaaaa.. acaranya seru banget mbak Linda... dan materi yang diberikan berbobot! ^ ^
      Thank you for stoping by :D

      Delete
  4. Ngajarin anak ini memang susah-susah gampang mbak.. aku aja masih ngerasa takut, kalo2 salah mendidik anak -__-. takut kalo anak ntr terpengaruh dari lingkungan luar yang jelek.. Amit-amit..semoga gak...

    3 cara di atas sih aku juga lakuin. Tiap malam selalu tuh bacain cerita dongeng utk si kecil, ato kita main peran2an, dia sih lebih suka jadi princess baik hati, dan maminya ini biasanya ngalah jadi peri jahat ;p ..super hero siapa lagi kalo bukan papinya hihihihi ;p . paling seru kegiatan yg itu memang.

    kalo yg modeling, kita slalu coba kok berperilaku baik dpn anak, ga memaki, ngucapin terimakasih, ngucapin maaf kalo memang salah.. moga2 aja semua nanti bisa jadi bekal dia jadi ank yang baik :).. kamu bisa rasain sndiri deh kalo udh punya anak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Fannyyy.... makasih udah rajin mampiiiirrrr ^ 3 ^
      Kayaknya aku mesti berguru ke kamu juga perihal parenting ya... challenging tapi seruuuu...
      Anaknya judah berapa mbak kalau boleh tau?

      Makasih sudah rajin mampir ^ ^

      Delete

Today a reader, tomorrow a leader. A good readers live a comment here ^ ^
I always try to reply your comment and visit back to your blog/website. So, keep coming back and we can be a friend xoxo

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search