Pages

Saturday, July 25, 2015

Tips Mewarnai Rambut di Rumah

‘I’m not someone who’s generally kept the same hair color. I like to be able to change it. You know, you can't change your surrounding, change your hair color!

    —Britanny Murphy


Halooo… Selamat Idul Fitri 1243H untuk teman-teman muslimin dan muslimah. Minal aidin walfa idzin ya. Mohon maaf bilamana selama ini ada kesalahan kata dan perbuatan baik disengaja ataupun tidak disengaja. Baik online atau pun offline ^ ^

Kali ini aku ingin membahas betapa mudahnya melakukan pewarnaan rambut di rumah. Sebenarnya ini adalah pengalaman pertama aku melakukan pewarnaan rambut di rumah. Apalagi mewarnai rambut orang. Iya, bukan rambut aku yang diwarnai. Tapi tepatnya ART-ku. :)))))



Jadi berawal dari bulan Ramadhan kemarin, ART-ku yang bernama Susan, ingin merubah penampilannya. Kebetulan aku punya cat rambut L’Oreal Paris Excellence Crème warna Purple Brown 4.26. Awalnya Susan merasa ragu. Karena ini menjadi #LembaranBaru dan kali pertama rambutnya dicat. Sebetulnya aku juga deg-degan sih. Secara takut hasilnya blentang blentong. Maklum, pertama kali. Dan lagi, yang kami takuti itu warnanya benar-benar ungu kemerahan nyala.

Tapi masih inget dalam benakku saat acara ketemu Dian Sastro waktu itu (bisa baca di sini). Bahwa semua pewarna L’Oreal memberikan hasil warna natural yang akan cocok dengan kepribadian kita. Terlebih untuk pemula dalam hal pewarnaan rambut.

L'Oreal-Paris-Excellence-Creme

Pewarna rambut L’Oreal Paris ini benar-benar sangat memperhatikan kesehatan rambut. Terbukti dari isi box pewarna yang berisi; Protective pre-color serum (Serum perlindungan sebelum pewarnaan), Protective crème colorant (Kirm pewarna dengan pelindung), Crème Developer (krim developer), dan terakhir Protective conditioner (krim kondisioner pelindung). L’Oreal Paris Excellence Crème merupakan pewarna rambut hasil teknologi terkini triple-care colour dengan 3 bahan untuk melindungi rambut yang terdiri dari; PRO KERATIN, CERAMIDE, dan COLLAGEN.


PRO KERATIN
Berfungsi untuk merawat rambut agar tetap sehat


CERAMIDE
Diperkaya dengan Ceramide, replica dari bahan alami rambut. Excellence Crème menjada dan membuat serat rambut terasa halus.


COLLAGEN
Excellence Crème diperkaya dengan kolagen yang berfungsi untuk membuat rambut tampak lebih tebal.

Dengan ketiga kandungan bahan di atas, rambut kita akan tetap kuat, lembut dan lebih mudah. 83% tak mudah patah jika disisir. Warna dari Excellence Crème ini pun tahan lama dan membuat rambut tetap sehat bercahaya serta menutupi uban secara merata.

Nah, saatnya bongkar box L’Oreal Excellence Crème.  Dan isinya benar-benar lengkap!

L'Oreal-Paris-Excellence-Creme

Selain yang aku sebutin sebelumnya, L’Oreal Paris Excellence Crème menyediakan sarung tangan plastik dan buku petunjuk step by step proses pewarnaan sampai perawatan paska pewarnaan. Ditambah aplikator pewarna yang berbentuk sisir. Aplikator ini cocok banget buat pemula kayak aku. Karena nggak usah takut kotor kemana-mana atau nggak rata nantinya. Excellence!!

How-to-test-before-coloring

Pertama-tama yang harus kamu lakukan sebelum pewarnaan rambut adalah tes cat rambut. Kenapa perlu tes cat rambut? Jangan sampai kamu terlanjur melakukan pewarnaan tetapi berdampak buruk nantinya. Pastikan kamu tidak alergi atau sensitive dengan pewarna rambut tersebut ya. Bagaimana cara ngetesnya? Gampang banget! Buka tutup cat rambut dan sedikit kamu keluarkan cairan/krim pewarna. Lalu oles pewarna rambut ke bawah daun telinga atau tengkuk leher. Area bawah daun telinga dan tengkuk leher adalah bagian sensitif untuk pengetesan cat rambut. Biarkan beberapa saat. Bila kamu merasa gatal, perih, atau panas, baiknya tidak melakukan pengecatan dengan cat rambut tersebut. Tetapi semisal tidak ada reaksi apapun, kamu bisa melanjutkan proses pewarnaan.

Baiknya rambut tidak dikeramas sebelum pewarnaan, sebab kutikula rambut akan terbuka dan dapat membuat pewarna rambut tidak teraplikasi sempurna. Lain halnya jika kondisi batang rambut sangat berminyak, sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Pastikan rambut kamu dalam keadaan kering dan tidak lembap ya. 


wearing gloves before coloring

Kemudian, kenakan sarung tangan plastik yang telah disediakan. Jangan lupa untuk mengenakan handuk atau kain gelap sebagai pelindung pakaian kamu diseputar bahu agar tidak ternoda cat rambut.

L'Oreal-pre-color-serum

Setelah itu mulailah dengan mengaplikasikan Protective Pre-color serum (Serum perlindungan sebelum pewarnaan) secara merata keseluruh rambut. 


Mixed-protective-colorant-creme-and-developer-creme

Kemudian, campurkanlah Protective Crème Colorant (Krim pewarna dengan pelindung) ke dalam botol Crème Developer (Krim Developer). Jangan lupa sehabis menuangkan keseluruhan isi tube, lalu dikocok sampai kedua campuran membaur. Perubahaan warna akan terlihat dari warna botol yang tadinya putih menjadi berwarna keungu-unguan. Persis seperti warna tutup botolnya.

well-shaken-L'Oreal-excellence-colorant


L’Oreal Excellence Crème ini memiliki 2 aplikator. Salah satunya yang kamu gunakan sebagai tutup pada saat pengocokan. Saat akan digunakan, kamu hanya tinggal mematahkan bagian ujungnya saja sedikit. Terlihat kan batasannya?


Untuk aplikator kedua, berbentuk sisir. Nggak usah khawatir gimana cara mengaplikasikan cat rambutnya. Karena disela-sela tiap batang sisirnya terdapat lubang yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan pewarna.

colouring with L'Oreal Excellence Creme Purple Brown

Dan karena aku pemula, kayaknya lebih mudah mengaplikasikan pewarna rambutnya menggunakan aplikator berbentuk sisir. Lebih mudah. Ya benar-benar kayak lagi nyisir rambut aja. Cuma, kita harus pelan-pelan memencet botolnya.

colouring with L'Oreal Excellence Creme Purple Brown

Sekarang, mulailah mewarnai rambut secara merata. Belah rambut menjadi 2 bagian secara horizontal. Pengecatan dilakukan pada bagian dalam rambut terlebih dahulu dan selapis demi selapis. Pastikan tidak mengenai kulit kepala. Saat sudah selesai mewarnai rambut, biarkan selama 30-60 menit. Lalu kamu bisa bilas dan keramas. Oiya, L’Oreal Paris juga ada shampoo khusus untuk rambut yang telah mengalami pewarnaan. Jangan ketinggalan untuk menggunakan kondisioner yang telah disediakan di boxnya.

before after colouring with L'Oreal Paris Excellence Creme Purple Brown

TADAAA… Ini dia perubahan Susan. Nggak terlalu signifikan ya hasilnya? Karena memang L’Oreal Paris Excellence Crème memberikan kesan natural. Akan agak sedikit berbeda bila terkena cahaya matahari.

before after colouring with L'Oreal Paris Excellence Creme Purple Brown

Ini beberapa foto dibawah sinar matahari. Purple brownnya agak terlihat sedikit kan ya?

L’Oreal Paris Excellence Crème terdiri dari 4 varian; L’Oréal Paris Excellence 5.62 Intense Violet Brown, L’Oréal Paris Excellence 4.45 Mahogany Copper Brown, L’Oréal Paris Excellence 4.26 Purple Brown, dan L’Oréal Paris Excellence 4.45 Mahogany Copper Brown.

Price of L'Oreal Paris Excellence Creme

Harga L’Oreal Excellence Crème pun cukup terjangkau. Harga ini aku dapat di carefour. Coba bayangin kalau kamu ngecat di salon bisa habis berapa?

Pro’s:
·      Sangat mudah digunakan
·      Isinya lengkap. Dari perawatan pra dan paska mewarnai rambut
·      Harganya terjangkau, IDR 114.000, bisa juga lebih dari itu. Tergantung beli di mana
·      Warnanya tidak terlalu cerah. Sehingga terlihat natural
·      1 botol ini bisa digunakan untuk 2-3 orang. Karena setelah mengaplikasikan ke Susan, botolnya masih terasa berat. Isinya banyak banget! Jadi kalau bisa mending ngewarnai bareng teman
·      Pada saat pencampuran, bau ammonia-nya cukup kuat menyeruak dari dalam botol. Tetapi setelah masuk ke tahap pewarnaan mulai berkurang. Pastikan pewarnaan dilakukan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik ya.
·      Setelah keramas dan pengeringan. Rambut jadi wangi, lembut, dan berkilau
·      Menutupi uban
·      Mudah dalam mengaplikasikan karena ada 2 jenis aplikator

Con’s:
·      Bau ammonia-nya lumayan kuat
·      1 botol pewarna ini banyak banget. Lumayan sih dengan harga segitu. Cuma jadinya sayang aja kalau cuma untuk dipakai 1 orang. Kebuang gitu aja. Nggak bisa disimpan

Ternyata ngecat rambut sendiri itu gampang. Awalnya aku ketakutan karena takut hasil nggak maksimal dan jelek. Tapi ternyata begitu mudah dan bagus. Susan juga senang dengan hasilnya. Jadi, tunggu apa lagi? Masih takut ngecat rambut sendiri di rumah?


Untuk info lebih lanjut kamu bisa mengunjungi website:
www.loreal.co.id

Or visit their social media account:

Instagram: LorealParisID
Twitter: LorealParisID


Mind to follow me? Let me know and I would follow you back ^O^
Instagram | Twitter | Google+ | Bloglovin 




4 comments:

  1. susan jd makin kece nih... saya jg jd kabita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir, mak ^ ^
      Hahaha... biar mirip mbak Dian ya?
      xoxo

      Delete
  2. Aku juga pernah pake ini tapi hasilnya ga terlalu keliatan gitu, mungkin harus dilihat waktu kena matahari lngsg kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Uswatun!

      Terima kasih sudah sudi mampir-mampir ya ^ ^
      Iyaa... si Susan juga nggak terlalu kelihatan. Dia seneng sih. Soalnya takut warnanya ngejreng tadinya.

      Delete

Today a reader, tomorrow a leader. A good readers live a comment here ^ ^
I always try to reply your comment and visit back to your blog/website. So, keep coming back and we can be a friend xoxo